mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Materi Teks Prosedur : Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur + Kaidah Kebahasaan

Materi Teks Prosedur : Pengertian, Ciri, Tujuan, Struktur + Kaidah Kebahasaan

Materi Teks Prosedur

Pada kesempatan kali ini, Ayo Berbahasa akan menjelaskan materi teks prosedur. Dimana teks prosedur ini merupakan salah satu jenis teks ada di dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Nah, supaya kamu lebih memahami mengenai materi yang satu ini, yuk di simak penjelasannya di bawah ini :

Materi Teks Prosedur

Ada beberapa hal yang akan kita kupas pada materi teks prosedur ini. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, serta kaidah kebahasaan yang digunakan. Selain itu, guna melengkapi materi di bagian akhir Mimin akan memberikan contoh teks prosedur agar kamu semakin memahaminya. Yuk langsung saja disimak pembahasannya di bawah ini :

Pengertian Teks Prosedur

Apa itu teks prosedur? Teks prosedur merupakan sebuah teks yang berisi tentang langkah-langkah ataupun panduan dalam hal membuat sesuatu. Jenis teks yang satu ini dibuat dengan tujuan memberikan panduan kepada pembaca dalam membuat ataupun melakukan sesuatu dengan benar. Diharapkan setelah membaca panduan yang dimaksud, pembaca bisa langsung menerapkannya

Macam-macam Teks Prosedur

Teks prosedur terdiri atas beberapa macam, ada teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks, dan teks prosedur protokol. Berikut ini masing-masing penjelasannya :

1. Teks Prosedur Sederhana

Jenis teks prosedur yang satu ini hanya menjelaskan langkah-langkah secara singkat. Biasanya hanya 2-3 langkah. Contohnya : cara mematikan tv, cara menghidupkan ponsel, dan cara menyetrika.

2. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks menjelaskan sesuatu yang banyak sekali langkah-langkahnya. Ada biasanya juga jauh lebih sulit penerapannya, terutama untuk orang awam. Contoh dari teks prosedur kompleks antara lain : cara membuat rumah susun, cara membuat rak buku, cara merakit komputer, dan lain sebagainya.

3. Teks Prosedur Protokol

Dan jenis yang ketiga adalah teks prosedur protokol. Teks prosedur yang satu ini langkah-langkahnya sangat sederhana dan mudah dipahami. Contohnya : cara menyalakan komputer.


Ciri-ciri Teks Prosedur

Sama halnya dengan jenis teks lainnya, teks prosedur juga memiliki ciri tersendiri yang membedakan dengan teks Lainnya. Apa saja itu?

  • Menggunakan kata kerja aktif.
  • Memakai kalimat interaktif (perintah).
  • Menggunakan kata atau kalimat penghubung guna mengurutkan langkah-langkah.
  • Menggunakan kata keterangan.
  • Menggunakan batasan pembahasan.
  • Memakai kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
  • Menyajikan informasi
  • Menjelaskan langkah-langkah secara terperinci.

Tujuan Teks Prosedur

Adapun tujuan utama dari dibuatnya teks prosedur adalah guna membantu pembaca supaya memahami bagaimana cara melakukan ataupun membuat sesuatu dengan tepat. Selain itu teks prosedur juga bertujuan untuk mencapai hasil akhir yang lebih baik.


Struktur Teks Prosedur

Dalam pembuatan teks prosedur, kamu harus mengetahui beberapa strukturnya. Mulai dari tujuan, material, hingga langkah-langkah. Berikut ini penjelasan singkat mengenai tiga struktur tersebut :

1. Tujuan

Pada bagian ini, dijelaskan tujuan dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Selain itu, juga bisa menjelaskan bagaimana hasil akhir dari pembuatan teks prosedur tersebut.

2. Material

Di bagian material, dijelaskan apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk membuat sesuatu yang diinginkan. Atau bisa juga berisi apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum membuat sesuatu tersebut.

3. Langkah-langkah

Sesuai dengan namanya, pada bagian ini dijelaskan bagaimana langkah per langkah dalam melakukan sesuatu petunjuk. Dan langkah-langkahnya harus urut dan sistematis tidak acak-acakan.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Sama halnya seperti jenis teks lainnya dalam bahasa Indonesia, teks prosedur juga memiliki kaidah kebahasaan sendiri yakni sebagai berikut :

1. Kata Kerja Imperatif

Kata kerja imperatif merupakan kata kerja yang mengandung kalimat imperatif di dalamnya. Kalimat ini ditandai dengan tanda seru dan disertai dengan kata tolong, jangan, atau silahkan. Kata kerja jenis ini ada pada teks prosedur yang berisi perintah dan larangan yang harus ditaati.

2. Konjungsi Temporal

Konjungsi Temporal adalah kata hubung yang menjelaskan hubungan waktu antara 2 peristiwa yang berbeda. Fungsinya mengurutkan secara kronologis suatu keadaan atau peristiwa. Di dalam teks prosedur mengandung konjungsi teks prosedur

3. Verba Material dan Tingkah Laku

Verba Material merupakan kata kerja imbuhan yang mengacu pada tindakan fisik. Dalam teks prosedur contohnya seperti memotong kentang, menghaluskan bumbu, dan lain sebagainya. Sebagainya verba tingkah laku merupakan kata kerja mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.


Contoh Teks Prosedur

Nah, sebagai pelengkap berikut ini saya berikan 3 contoh teks prosedur, baik itu prosedur sederhana, kompleks, maupun protokol. Berikut adalah masing-masing contohnya.

1. Cara Menyalakan Sepeda Motor Matic (Teks Prosedur Sederhana)

Sepeda motor matic kini sudah banyak sekali penggunanya. Namun sayangnya, masih banyak yang belum memahami bagaimana cara menyalakan mesin motor yang satu ini. Padahal, jika dibandingkan dengan motor bebek, menghidupkan motor matic jauh lebih mudah. Jika kamu belum tau bagaimana cara menghidupkan mesin motor matic, berikut ini adalah panduan dan langkah-langkahnya :

1. Masukkan kunci motor pada lubang kunci yang ada pada sepeda motor matic.
2. Pastikan bahwa posisi lubang kunci di bagian tengah dalam keadaan off.
3. Tekan tombol start untuk menyalakan sepeda motor.
4. Motor matic pun sudah siap digunakan untuk berpergian.

2. Cara Membuat Sop Buah (Teks Prosedur Kompleks)

Sop buah merupakan salah satu hidangan yang segar dan menyehatkan. Cocok dimakan pada saat suasana sedang panas. Cara pembuatannya pun sangat mudah, yakni sebagai sebagai berikut :

Bahan:
  • Semangka merah, dipotong dadu (100 gram)
  • Melon, buat bulatan sebesar kelereng (100 gram)
  • Nanas, dipotong berbentuk segitiga kecil (100 gram)
  • Pepaya, dipotong dadu (100 gram)
  • Anggur, dibelah dua (100 gram)
  • Es serut (500 gram)
  • Sirup vanili (5 sendok makan)
  • Susu kental manis putih (100 mili)
  • Air (1 liter)

Langkah-langkah membuat sup buah:
  • Siapkan mangkuk saji.
  • Masukkan buah-buahan (melon, nanas, semangka, pepaya, dan anggur) ke dalam mangkok.
  • Campurkan air, susu kental manis jadi satu dalam tempat terpisah. Aduk rata. Tuangkan dalam mangkuk saji yang tadi sudah terisi buah.
  • Beri es serut dan sirup vanili, sop buah siap untuk disajikan.

3. Cara Memasang Tenda (Teks Prosedur Protokol)

Tenda merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus ada ketika sekelompok orang akan berkemah. Dan yang tidak kalah penting, tentu saja harus tau bagaimana cara memasangnya. Bagi kamu belum tau bagaimana cara memasang tenda yang benar, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan sebelum membuat tenda. (Tenda, tiang, dan lain sebagainya).
  • Jika semua telah siap, letakkan tenda dengan bagian punggung berada di atas.
  • Selanjutnya pasang satu tiang tenda dengan memasang patok-patok tenda di setiap sudut menggunakan palu.
  • Kemudian tegakkan tiang tenda dan segera ikatkan tali pada patok.
  • Langkah berikutnya, silakan pasang tiang depan lalu tegakkan dan segera ikat dengan tali pada patok yang telah dipasang.
  • Terakhir, ikatkan tali di sudut-sudut tenda pada patok yang tadi sudah dipasang.


Demikian pembahasan tentang materi teks prosedur, mulai dari definisi hingga terakhir contohnya, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Silakan bagikan postingan ini bila dirasa bermanfaat, terima kasih.
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Gemar menulis dan bermimpi menjadi penulis profesional.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Post a Comment