mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Apa Itu Autobiografi : Pengertian, Ciri, Struktur + Contoh [Lengkap]

Apa Itu Autobiografi : Pengertian, Ciri, Struktur + Contoh [Lengkap]

Apa itu autobiografi

Tahukah kamu apa itu autobiografi? Apakah sama dengan biografi seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Dari namanya saja sudah berbeda ya, maka dapat dipastikan autobiografi dan biografi adalah dua hal berbeda meskipun sama-sama membahas tentang kisah perjalanan hidup seseorang.

Autobiografi memiliki sebutan lain yaitu otobiografi, namun dalam penulisan bahasa Indonesia yang baku adalah autobiografi. Supaya lebih jelas memahaminya, yuk simak konten Ayo Berbahasa berikut ini hingga selesai.

Apa Itu Autobiografi?

Autobiografi merupakan riwayat hidup yang dibuat oleh tokoh itu sendiri. Istilah autobiografi berasal dari kata autos yang artinya sendiri, bios artinya hidup, dan graphein artinya menulis.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia autobiografi diartikan sebagai riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri.
Dalam bahasa Inggris, autobiografi disebut juga "autobiography" yang pertama kali dipakai oleh penyair Robert Southey pada tahun 1809. Akan tetapi, sebenarnya autobiografi sudah ada sejak zaman kuno.

Jadi, dapat disimpulkan menulis Autobiografi berarti kita menulis tentang riwayat hidup kita sendiri. Mulai dari lahir hingga saat ini.

Kelihatannya mudah, namun pada kenyataannya masih banyak yang kesulitan membuatnya. Tapi tenang saja, nanti kita akan membahas secara lengkap bagaimana cara membuat autobiografi dengan benar.


Ciri-ciri Autobiografi

ciri-ciri Autobiografi

Adapun ciri-ciri dari autobiografi adalah sebagai berikut :
  • Menceritakan pengalaman hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri ataupun dengan bantuan penulis lainnya.
  • Autobiografi ditulis berdasarkan pengalaman yang dialami oleh toko tersebut.
  • Pada umumnya menampilkan informasi yang positif.
  • Penulisan autobiografi bertujuan supaya khalayak luas bisa mengenal orang tersebut lebih dalam dan bisa mengambil hikmah serta pelajaran berharga dari apa yang pernah orang itu alami semasa hidupnya.

Tujuan Autobiografi

Penulisan teks autobiografi untuk beberapa hal, yakni sebagai berikut :

Memperkenalkan Diri

Tujuan pertama dari penulisan autobiografi adalah memperkenalkan diri sendiri kepada orang lain yang berisi perjalanan hidup melewati masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan hingga bisa mencapai keadaan seperti saat ini.

Memberikan Motivasi

Autobiografi juga bertujuan untuk memberikan motivasi terhadap orang lain. Menyampaikan kisah-kisah inspiratif bagaimana seseorang menggapai kesuksesan dalam bidang yang digeluti baik itu dalam pendidikan, karir, bisnis, politik ataupun hal lainnya.

Memberikan Pencitraan

Pembuatan autobiografi juga bertujuan untuk memberikan pencitraan. Tentu saja citra positiflah yang akan ditunjukkan kepada orang lain.


Jenis-jenis Autobiografi

Jenis-jenis Autobiografi

Autobiografi terbagi menjadi lima jenis yaitu autobiografi kritik totalitarianisme, autobiografi fiksi, autobiografi seseorang yang tidak dikenal, autobiografi palsu, dan autobiografi sensasional.

Autobiografi Kritik Totalitarianisme

Apa itu autobiografi kritik totalitarianisme? Autobiografi ini merupakan sasaran dan pembatasan rezim totaliter yang telah mampu menyampaikan kritik mencolok dari rezim melalui autobiografi dari penindasan yang mereka lakukan.

Autobiografi Fiksi

Autobiografi fiksi merupakan autobiografi yang mendefinisikan novel tentang seorang tokoh fiktif yang seakan-akan tokoh tersebut benar-benar ada. Padahal, kenyataannya tokoh tersebut tidak pernah ada di dunia ini.

Autobiografi Seseorang yang Tidak Dikenal

Jenis autobiografi satu ini ditulis oleh orang biasa yang mengklaim dirinya adalah orang terkenal untuk dibagikan kepada khalayak luas.

Autobiografi Palsu

Apa itu autobiografi palsu? Autobiografi palsu merupakan autobiografi yang ditulis berdasarkan penderitaan yang pernah dialami oleh penulis. Masalah tersebut bisa berupa masalah keluarga, sosial, atau penindasan politik.

Autobiografi Sensasional

Autobiografi sensasional mengkisahkan tokoh-tokoh terkenal dan penuh sensasi. Contohnya seperti artis, penyanyi, dan juga politisi.

Struktur Autobiografi

Teks autobiografi terdiri atas 5 struktur yakni latar belakang keluarga, pendidikan, prestasi, pekerjaan, dan karya. Berikut masing-masing penjelasannya.

Latar Belakang Keluarga

Pada bagian ini berisi tentang keluarga penulis. Siapa orang tuanya, kakek dan neneknya, kakak adiknya, serta istri dan anak-anaknya (jika sudah berkeluarga). Terletak pada paragraf awal yang juga menceritakan tempat dan tanggal lahir seseorang yang dikisahkan pada autobiografi.

Latar Belakang Pendidikan

Struktur autobiografi ini berisi tentang pendidikan yang pernah diikuti mulai dari sekolah dasar hingga saat ini. Bila mengikuti kursus, terkadang juga diceritakan lengkap dengan nama sekolah/lembaga pendidikan dan tahun menjalani pendidikan tersebut.

Latar Belakang Prestasi

Menceritakan tentang beragam prestasi yang pernah diperoleh seseorang semasa hidupnya. Baik prestasi selama sekolah, kuliah, ataupun prestasi di dunia kerja.

Latar Belakang Pekerjaan

Apabila tokoh sudah bekerja, kamu bisa mengisi bagian ini dengan profesi atau pekerjaan yang pernah dijalaninya. Namun jika tokoh masih sekolah atau kuliah, maka struktur ini bisa kamu abaikan.

Latar Belakang Hasil Karya

Bila tokoh yang diceritakan pada autobiografi memiliki karya yang dipublikasikan, kamu wajib untuk mencantumkannya. Jika tidak ada, maka kamu bisa mengabaikannya.

Baca juga : materi teks iklan.

Cara Membuat Autobiografi


Sesuai dengan janji saya tadi, saya akan memberi tau kepada kalian bagaimana langkah-langkah membuat autobiografi. Perlu untuk diketahui, autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama yang mana pada isinya banyak menggunakan kata aku atau saya.
Bagaimana itu? Supaya lebih jelas, yuk simak penduan penduan berikut ini :

Catat Peristiwa Penting

Langkah pertama, coba catat terlebih dahulu peristiwa penting yang pernah kamu alami. Dimulai dari tempat kelahiran, peristiwa masa kecil, hingga keluarga yang langsung berhubungan dengan kamu. Kemudian dilanjutkan dengan peristiwa pada masa remaja hingga saat ini.

Tulis Karakter Tokoh

Langkah berikutnya adalah menulis karakter tokoh pada autobiografi. Termasuk juga bagaimana karakter orang terdekat yang mempengaruhi kehidupanmu.

Membuat Kerangka Autobiografi

Untuk mmemudahkanmu membuat autobiografi, silakan buat kerangkanya terlebih dahulu. Kerangka ini juga bisa menjagamu supaya tidak keluar jalur penulisan yang seharusnya.

Memastikan Kebenaran Data

Meski autobiografi bersifat subjektif, namun kamu tetap harus memastikan kebenaran data yang akan disampaikan. Jangan sampai menyampaikan hal-hal palsu karena itu bakal berpengaruh terhadap penilaian orang lain.

Mulai Menulis

Jika semua sudah siap, sekarang saatnya menulis autobiografi dari awal hingga akhir.

Contoh Autobiografi Singkat

Namaku Firdaus Deni Febriansyah yang sekarang berusia 21 tahun. Aku lahir di Jember, 9 Februari 1999 dan merupakan anak terakhir dari dua bersaudara.

Masa kecilku banyak dihabiskan di kota Jakarta. Mulai dari TK hingga SD kelas 1, aku sekolah di Jakarta. Semenjak SD kelas 3 hingga sekarang aku tinggal di kota kelahiranku, yaitu Jember.

Di Jember aku bersekolah di SD Negeri Patrang 1 Jember hingga tahun 2011. Selanjutnya, aku bersekolah di SMP Negeri 4 Jember dari tahun 2011 sampai tahun 2014. Dan terakhir sekolah di SMA Negeri 4 Jember hingga tahun 2017.

Selama masa sekolah, aku punya prestasi akademik yang cukup bagus. Selalu masuk 10 besar, bahkan pernah mendapatkan juara 1 paralel pada saat SMP. Selain itu, aku juga cukup aktif di beberapa organisasi.

Setelah lulus SMA, aku berfokus menjalani profesi sebagai penulis konten. Memiliki blog yang dikelola sendiri dan dioptimasi untuk bisa mendapatkan penghasilan dengan bekerja sama dengan beberapa perusahaan.

Selain menulis di blog sendiri, aku juga menulis di beberapa media daring seperti hipwee, klikmania, dan Brilio. Selama menjalani pekerjaan ini, aku telah mencatatkan beberapa prestasi.

Diantaranya yaitu pemenang mingguan blog competition merdeka kirim uang (September 2019), 20 besar tulisan terbaik blog competition chatbotika (September 2019), juara 6 kontes SEO obat asam urat mosehat (Januari 2020), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan hingga sekarang masih menjalani profesi ini dan alhamdulilah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ke depannya, aku ingin menjadi penulis profesional seperti Tere Liye dan Andrea Hirata.

Demikian penjelasan mengenai autobiografi lengkap dengan cara penulisan dan contohnya. Semoga materi ini bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa bagikan kepada lainnya supaya lebih banyak orang yang tau tentang ilmu yang satu ini.
Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Seorang content writer

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar