mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
3+ Perbedaan Biografi dan Autobiografi yang Harus Kamu Tau

3+ Perbedaan Biografi dan Autobiografi yang Harus Kamu Tau

Perbedaan biografi dan autobiografi


Biografi dan autobiografi merupakan teks yang dianggap sama oleh sebagian orang. Dari namanya saja sudah beda, maknanya pun sudah pasti berbeda.

Akan tetapi, keduanya juga memiliki kesamaan yaitu sama-sama merupakan salah satu jenis dari teks cerita sejarah. Selain itu, keduanya sama-sama menceritakan perjalanan hidup seseorang.

Teks biografi maupun autobiografi sama-sama bertujuan untuk memberikan informasi dan juga sama-sama berasal dari Bahasa Yunani.

 

Pengertian Biografi dan Autobiografi

Pengertian Biografi dan autobiografi


Sebelum kamu tau perbedaan secara lebih mendalam, ketahui dulu perbedaannya secara sederhana yaitu dari definisi atau pengertiannya. Berikut ini pengertian teks/paragraf biografi dan juga autobiografi.

 

Biografi

Biografi adalah teks yang membahas tentang kehidupan seseorang. Yang dibahas biasanya adalah tokoh terkenal dan mempunyai jasa dan pengaruh sangat besar seperti wartawan, sastrawan, ilmuwan, artis, pejabat publik, dan lain sebagainya.

Yang ditulis pada biografi biasanya adalah nama tokoh tersebut, nama orang tuanya, tanggal lahir, alamat, hingga peristiwa penting yang dialami. Dan sesuatu yang disampaikan ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif.

 

Autobiografi

Sedangkan definisi autobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Biasanya yang ditulis hanya sisi positif dari perjalanan hidup yang dialami.


Baca juga : pengertian teks.

 

Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Meski mirip, bukan berarti keduanya sama. Kamu harus tau, ada beberapa perbedaan mendasar dari kedua teks ini. Semua akan kami bahas pada konten berikut ini :

 

Siapa yang Diulas

Perbedaan biografi dan autobiografi yang paling utama dapat dilihat dari siap yang diulas pada tulisan. Memang, keduanya sama-sama mengulas seseorang, akan tetapi siapa tokoh yang diulas ini ada bedanya.

Pada biografi, penulis menceritakan tokoh orang lain seperti artis, politisi, presiden, menteri, ataupun tokoh-tokoh lainnya. Sedangkan untuk autobiografi yang diulas adalah diri sendiri, bukan orang lain.

 

Siapa Penulisnya

Perbedaan kedua teks ini juga bisa diketahui dari siapa penulisnya. Teks biografi ditulis oleh orang lain bukan ditulis oleh tokoh yang ada dalam biografi tersebut.

Sebagai contoh, saya Firdaus Deni Febriansyah menulis biografi tentang Ajip Rosidi, seorang sastrawan terkenal pada masanya.

Sedangkan untuk autobiografi, ditulis oleh tokoh itu sendiri atau orang yang diceritakan pada autobiografi tersebut. Selain itu, tokoh juga bisa menyuruh orang yang ia percaya untuk menuliskan autobiografi tentang dirinya.

 

Sudut Pandang Penulisan

Perbedaan biografi dan autobiografi bisa diketahui dari sudut pandang penulisannya. Biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga, sementara itu autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama.

Maka dari itu, dalam karangan biografi lebih banyak menggunakan kata beliau atau dia karena menceritakan orang lain. Berbeda dengan autobiografi memakai kata saya atau aku karena menceritakan tentang diri sendiri.

 

Proses Pengumpulan Data

Baik penulisan biografi ataupun autobiografi sangat membutuhkan data-data sebagai bahan untuk membuat teks tersebut. Dan keduanya membutuhkan waktu yang tidak sama.

Pengumpulan data biografi sedikit lebih lama daripada autobiografi. Sebab, kamu harus melakukan wawancara terlebih dahulu sebelum menerapkannya dalam biografi.

Berbeda dengan autobiografi, pengumpulan data jauh lebih mudah dan cepat karena langsung dimiliki oleh penulisnya. Penulis tinggal menuangkannya langsung di dalam tulisan.


Baca juga : perbedaan teks deskripsi dan laporan hasil observasi.

 

Kesimpulan

Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwasanya ada 4 hal mendasar yang membedakan antara biografi dan autobiografi, yakni siapa yang mengulas, siapa penulisnya, sudut pandang, dan lamanya pengumpulan data.

 

Demikian pembahasan mengenai perbedaan biografi dan autobiografi, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu. Terima kasih.

Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Seorang content writer

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar