mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Teks Biografi : Pengertian , Ciri, Struktur + Contoh [Lengkap]

Teks Biografi : Pengertian , Ciri, Struktur + Contoh [Lengkap]

Teks biografi

Ketika rasa ingin tahu akan tokoh yang diidolakan muncul, hal pertama yang kamu lakukan tentu mencari biografi dari tokoh tersebut. Baik itu artis, pahlawan dan pejuang, influencer, musisi, sastrawan, seniman, atau bahkan tokoh - tokoh politik dengan idealisme yang kamu sukai.

Tapi walaupun sudah sering baca biografi tokoh - tokoh terkenal, apakah kamu tau apa teks biografi itu? Apa biografi dan autobiografi adalah 2 hal yang sama? Lalu bagaimana sih cara membuat biografi yang benar dan menarik?

Daripada hanya menikmati tulisan biografi tokoh yang kamu suka, lebih baik kamu juga coba menulis sendiri biografi dari tokoh tersebut. Bagaimana caranya? Mari simak artikel ini sampai selesai karena kita akan pelajari cara menulis biografi bersama Ayo Berbahasa.

Apa Itu Teks Biografi?

Secara umum, teks biografi bisa diartikan sebagai tulisan berisikan kisah seseorang atau sebuah tokoh dalam menjalani kehidupannya dan didasari oleh kisah nyata.

Umumnya biografi dibuat ketika seseorang sudah memiliki pencapaian tertentu dalam hidupnya, baik yang berpengaruh untuk orang lain maupun hanya untuk diri sendiri.

Dalam biografi tersebutlah dituliskan perjalanan tokoh dari awal memulai perjalanannya hingga ia berhasil mencapai target tertentu.

Bukan hanya itu, biografi juga berisikan data diri atau identitas lengkap dari tokoh tersebut. Misalnya seperti nama lengkap, tanggal lahir, latar belakang keluarga, riwayat pendidikan, dan masih banyak lagi.

Biografi termasuk ke dalam kategori teks narasi. Sebab di dalamnya terdapat uraian - uraian peristiwa atau kronologi yang saling terhubung satu dengan lainnya.

Misalnya uraian tentang mengapa seorang pebisnis hebat bisa mengembangkan usahanya hingga keluar negeri, atau uraian tentang hambatan apa saja yang pernah dialami oleh atlet sepak bola international dalam karirnya.

Selain itu biografi juga bisa dikategorikan ke dalam teks cerita sejarah. Sebab juga menceritakan kisah tokoh pada masa lampau.

Pengertian Teks Biografi Menurut Ahli

Berikut ini definisi biografi menurut beberapa ahli yang harus kamu ketahui :

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Berdasarkan situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), biografi diartikan sebagai sebuah tulisan yang memuat identitas atau peristiwa yang dialami suatu tokoh, termasuk juga penghargaan yang ia terima dari karya - karya atau penemuan yang dibuat serta permasalahan yang ia hadapi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain.

Toyodin

Toyidin, salah satu pakar bahasa di Indonesia, menjelaskan bahwa biografi merupakan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Pembaca biografi umumnya ingin tahu akan kisah hidup tokoh tersebut, ideologinya, karyanya, perjuangannya, atau hal - hal kecil yang menjadi pengaruh dalam hidupnya.

Hal baik dalam biografi tokoh tersebut akan diteladani dan menjadi tolak ukur dalam kehidupan pembaca. Sedangkan hal buruk atau masalah yang terjadi akan dijadikan pelajaran agar tidak mengulang kesalahan yang serupa.

Baca juga : teks pidato.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Untuk bisa membuat tulisan biografi yang baik, kamu harus mengerti apa saja 3 ciri biografi, diantaranya adalah :

Hanya Memuat Fakta

Biografi yang benar tentunya hanya berisikan fakta yang benar - benar dialami oleh tokoh yang ditulis. Tanpa ada yang dilebih - lebihkan baik untuk membuat tokoh terlihat sengsara maupun agar tokoh terlihat keren.

Rangkaian fakta ini juga dibuat dalam bentuk naratif dan saling berkaitan dari awal hingga akhir. Itulah mengapa kebanyakan tulisan biografi memiliki alur maju agar lebih mudah dipahami oleh pembaca, meskipun ada beberapa biografi yang ditulis dengan alur campuran.

Menggunakan Bahasa yang Lugas

Biografi juga harus ditulis dengan bahasa yang lugas dan jelas agar bisa dimengerti oleh siapapun, termasuk orang - orang yang terlalu suka membaca karya tulis dan sastra. Oleh karena itu, tulisan biografi yang baik tidak menggunakan banyak kiasan, ungkapan, ataupun majas di dalamnya.

Menggunakan Struktur yang Jelas

Untuk bisa membuat tulisan biografi tetap menarik dan tidak membingungkan untuk pembaca, kamu sebagai penulis harus membuat struktur biografi yang jelas terlebih dulu. Hal ini juga akan memudahkan penulis dalam merangkai urutan kisah yang ingin dituliskan.

Teks biografi sendiri dibagi kedalam 3 struktur yaitu orientasi, peristiwa dan kejadian, reorientasi. Tapi kita akan membahas masalah struktur biografi lebih lanjut di bagian berikutnya.

Jenis- Jenis Teks Biografi

sumber gambar : freepik.com

Sebuah tulisan biografi juga bisa dibagi ke dalam 3 jenis, yaitu berdasarkan isinya, berdasarkan pembahasannya, serta berdasarkan penulisnya. Nah berikut ini adalah penjelasan lengkap untuk tiap jenis biografi.

Biografi Berdasarkan Isinya

Sesuai dengan namanya, jenis biografi yang pertama ini ditulis berdasarkan isinya alias tokoh dalam biografi tersebut. Sehingga para pembaca benar- benar meluangkan waktunya khusus untuk mengetahui kisah hidup dari tokoh dalam tulisan tersebut.
Biografi yang tulis berdasarkan isinya sendiri bisa dibagi menjadi 2. Yaitu:
  • Biografi perjalanan karir yang menceritakan tentang perjuangan seseorang atau tokoh dalam mencapai impiannya. Contohnya seperti biografi Sir Isaac Newton dalam menemukan gaya gravitasi, atau seperti biografi Chairul Tanjung dalam perjalannya mengembangkan bisnis dan membuat CT Corp.
  • Biografi perjalanan hidup yang menceritakan sisi lain dari seorang tokoh dalam kehidupannya yang dianggap menarik untuk pembaca. Misalnya buku "Dari Merem ke Melek : Catatan Seorang Komedian" yang membahas tentang kehidupan Ernest Prakarsa sebagai seorang komedian di Indonesia.

Baca juga : teks persuasi.

Biografi Berdasarkan Penulisnya

Jenis biografi yang berikutnya adalah biografi yang dibuat berdasarkan penulisnya. Umumnya, tulisan ini dibuat oleh penulis yang memang sudah terkenal atau ditulis oleh tokoh dalam biografi tersebut secara langsung alias ditulis sendiri.

Biografi yang ditulis sendiri oleh tokohnya disebut autobiografi. Beberapa contoh autobiografi di Indonesia yang paling terkenal adalah "Chairul Tanjung, si Anak Singkong" yang ditulis langsung oleh Chairul Tanjung.

Sedangkan biografi yang ditulis oleh orang lain akan dibagi lagi menjadi 2 jenis. Yaitu:
  • Authotized biography atau biografi resmi yang sudah mendapatkan izin dari tokoh yang akan diceritakan. Contohnya buku "Jokowi, Memimpin Kota Menyentuh Jakarta" karya Alberthien Endah atau buku "Biografi Gus Dur" karya Greg Barton.
  • Unauthorized biografi atau biografi yang tidak memiliki ijin, biasanya biografi jenis ini ditulis ketika tokoh yang ingin diceritakan sudah wafat. Seperti contohnya "Panggil Saja Aku Kartini" karya Pramoedya Ananta Toer dan buku "Soekarno: Ku Antar ke Gerbang" karya Ramadhan K. H.

Biografi Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

Tulisan biografi yang dibuat berdasarkan persoalan yang dibahas juga bisa dibagi menjadi beberapa jenis yaitu :

Biografi Politik

Seperti yang pasti sudah kamu duga, biografi politik berisikan tokoh - tokoh yang pernah berhubungan dengan suatu kasus politik di dalam maupun di luar negeri.
 
Umumnya dalam buku biografi politik, penulis akan menjelaskan sudut pandang tokoh tersebut terhadap kasus politik tertentu berdasarkan fakta dan data.

Salah satu buku biografi politik yang ada di Indonesia adalah buku "Antasari Azhar : Saya Dikorbankan" karya Tofik Pram.

Intelektual Biografi

Hampir mirip dengan biografi politik, intelektual biografi juga jenis biografi yang membahas sebuah kejadian atau kasus politik tertentu namun dengan pembahasan yang lebih ilmiah. Seperti contohnya "The Looming Tower: Al Qaeda and the Road to 9/11" karya Lawrance Wright.

Biografi Jurnalistik

Jenis teks biografi yang satu ini bisa dibilang sebagai jenis yang paling ringan. Karena hanya berisikan wawancara - wawancara terhadap sebuah persoalan tertentu baik yang berhubungan dengan politik, sosial, dan lain - lain.

Baca juga : teks argumentasi.

Struktur Teks Biografi

Seperti yang sudah dikatakan tadi, kamu harus mengerti dan membuat biografi berdasarkan ciri agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Salah satu ciri dari biografi sendiri adalah penggunaan struktur yang benar.

Dalam setiap biografi terdapat 3 bagian yang menjadi struktur utamanya yaitu:

Orientasi

Orientasi atau pengenalan selalu menjadi bagian pembuka di dalam tiap tulisan biografi. Dalam bagian ini, penulis menjelaskan sedikit mengenai tokoh yang ingin ia tulis, beberapa pencapaian atau karyanya yang terkenal, dan hal lainnya yang bisa membuat pembaca tertarik untuk membaca biografi tokoh tersebut.

Peristiwa dan Masalah

Bagian kedua dan paling utama dalam struktur biografi adalah peristiwa dan masalah. Sesuai dengan namanya, dalam bagian ini kamu bisa menuliskan perjalanan hidup dari tokoh yang ingin diceritakan.

Baik itu kehidupannya di masa kecil, perjuangannya dalam berkarir, ataupun pencapaian - pencapaiannya.

Reorientasi

Kemudian bagian penutup dari struktur biografi adalah bagian reorientasi. Bagian ini sebenarnya opsional atau tidak wajib ditulis. Karena berisikan sudut pandang penulis terhadap tokoh dan perjalanan hidup yang ia tuliskan.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Ada tiga kaidah atau ciri kebahasaan yang paling sering ditemui dalam tulisan biografi. Di antaranya adalah:

Rujukan Kata

Dalam biografi, rujukan kata digunakan untuk merujuk benda, tokoh, atau tempat yang sudah disebutkan sebelumnya. Seperti:
  • Di sana & di situ sebagai rujukan untuk tempat
  • Beliau & dia sebagai rujukan untuk orang dan tokoh
  • Itu & tersebut sebagai rujukan benda

Kata Hubung

Sebagai teks naratif, kata hubung juga sangat banyak ditemui dalam biografi. Seperti contohnya kemudian, lalu, dan tetap. Kata hubung digunakan untuk menyambungkan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya.

Kalimat Simpleks

Kaidah kebahasaan terakhir yang banyak ditemui dalam biografi adalah kalimat simpleks atau kalimat tunggal. Kalimat simpleks ini hanya terdiri dari satu klausa tunggal dan satu struktur predikat.

Baca juga : teks eksplanasi.

Cara Membuat Teks Biografi

Langkah pertama untuk menulis sebuah biografi tokoh maupun diri sendiri tentunya adalah menggali data dan informasi tentang tokoh tersebut. Kemudian, buatlah struktur biografi seperti yang sudah ditulis tadi.

Untuk mempermudah, umumnya bagian peristiwa & masalah dalam struktur biografi berisikan latar belakang berikut ini.
  • Keluarga dan masa kecil
  • Pendidikan
  • Prestasi
  • Pekerjaan
Ketika data sudah terkumpul dan struktur sudah dibuat, waktunya kamu menulis biografi sendiri.

Contoh Teks Biografi

Agar kamu punya referensi dalam menulis biografi sendiri, silahkan lihat biografi singkat dari Pramoedya Ananta Toer berikut ini.

Biografi Pramoedya Ananta Toer

Pramoedya Ananta Toer merupakan salah satu sastrawan dan penulis paling produktif dari Indonesia. Beliau telah menuliskan lebih dari 50 karya yang juga diterjemahkan dan jual ke 42 negara asing. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah "Bumi Manusia" yang baru saja diadaptasi menjadi film pada 2019 lalu.

Pramoedya Ananta Toer lahir di Blora pada tanggal 6 Februari 1925. Pada masa itu, tanah kelahirannya yaitu Jawa Tengah masih menjadi bagian dari pemerintahan Hindia Belanda atau Dutch East Indies.

Pramoedya, atau yang dikenal dengan sebutan Mas Toer, sekolah di Sekolah Kejuruan Radio Surabaya dan pernah bekerja sebagai juru ketik untuk koran selama masa kependudukan Jepang. Di masa mudanya, ia juga masuk ke dalam dunia militer di Jawa.

Dalam masa militer tersebutlah Pramoedya menciptakan karya - karya terbaiknya. Seperti "Bumi Manusia" yang diterbitkan tahun 1980 dan ditulis ketika ia tengah menjadi tahanan politik pemerintah Belanda.

Hingga masa tuanya, Pramoedya Ananta Toer terus menuliskan buku dan karya - karya terbaru. Hingga karya akhirnya adalah "Jalan Raya Pos, Jalan Daendles" yang terbit di tahun 2005.

Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Seperti yang dikatakan tadi, autobiografi merupakan sebuah biografi yang ditulis oleh tokohnya sendiri atau menceritakan diri sendiri. Sedangkan biografi adalah karya tulis yang mengungkapkan kisah hidup orang lain baik itu tokoh maupun public figure. (baca selengkapnya : perbedaan biografi dan autobiografi).

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai teks biograsi mulai dari pengertian hingga contohnya. Semoga materi ini bisa membantu kamu dalam menulis biografi sebagai tugas maupun sebagai karya.
Baca Juga Materi Berikut Ini
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Seorang content writer

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

Posting Komentar