mrYCfYjK1mkwe3u9JafYzq9EkkxKwu39tilpSSGm
Jenis-jenis Paragraf Menurut Isinya, Apa Saja?

Jenis-jenis Paragraf Menurut Isinya, Apa Saja?

Jenis-jenis Paragraf Menurut Isinya

Berlanjut materi paragraf sebelumnya tentang pengertian dan ciri-ciri paragraf, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis paragraf. Memang, paragraf itu ada macamnya berdasarkan isi, letak kalimat utama, tujuan, dan lain sebagainya. Namun untuk kali ini saya akan membahas jenis- jenis paragraf menurut isinya terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasannya

Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Jika kita menilik isinya, ada beberapa macam paragraf yang perlu kamu ketahui. Adapun beberapa paragraf tersebut adalah paragraf narasi, deskriptif, argumentasi, eksposisi, dan persuasi. Seperti apakah perbedaannya?

1. Paragraf Narasi

Jenis paragraf yang satu ini menceritakan tentang cerita atau kisah secara kronologis dan juga berurutan. Adapun ciri-cirinya yaitu ada tokoh, latar, alur, dan konflik. Pada paragraf narasi kalimat utama tidak tersampaikan. Paragraf narasi terbagi lagi menjadi 2 jenis yaitu :
  • Paragraf narasi sugestif, yang mengisahkan tentang suatu hasil rekaan, khayalan atau imajinasi dari pengarang.
  • Paragraf narasi ekspositoris yang isinya tentang rangkaian perbuatan yang disampaikan secara informatif.

2. Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menjelaskan, mengajarkan, menerangkan, dan menyampaikan topik kepada pembaca yang bertujuan untuk membagi informasi sehingga bisa bertambah pengetahuan pembaca. Paragraf eksposisi memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya menggunakan bahasa yang informatif, memaparkan definisi atau metode-metode tertentu, menginformasikan hal yang Taka dapat dicapai alat Indra, dan juga menjawab pertanyaan 5W + 1H.

3. Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang berisi opini atau pendapat para penulisnya. Tentu saja pendapat itu harus didasari dengan bukti yang kuat. Hal ini membuat pembaca merasa yakin dengan kebenaran tulisan tersebut. Pendapat dikemukakan secara analogia atau analitik dan diakhiri dengan sebuah kesimpulan.



4. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah tulisan yang berisi bujukan agar pembaca menerima gagasan ataupun ide yang disampaikan oleh penulis. Tulisan juga mengandung sejumlah data dan bukti yang sesuai dengan fakta atau kenyataan yang sebenarnya. Adapun beberapa ciri dari paragraf persuasif adalah penggunaan bahasa yang menarik, terdapat kata-kata ajakan seperti ayo dan mari. Selain itu, ada partikel -lah pada kata-kata tertentu.

5. Paragraf Deskripsi

Jenis paragraf menurut isinya yang terakhir adalah paragraf deskripsi. Paragraf ini berisi gambaran suatu objek secara detail, sehingga pembaca juga dapat melihat atau merasakan objek tersebut. Paragraf deskripsi banyak menggunakan kata-kata sifat di dalam tulisannya.



Nah itulah beberapa Jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya, sampai jumpa pada matero-materi selanjutnya. Terima kasih.
SHARE
Firdaus Deni Febriansyah
Gemar menulis dan bermimpi menjadi penulis profesional.

Konten Terkait

Berlangganan Konten Terbaru Via Surel. Gratis!

1 comment

  1. Salah satu ilmu yg harus dipelajari oleh seorang penulis.. Dengan mempelajari ilmu ini sang penulis dapat menyampaikan pembahasan yg mudah dipahami oleh pembaca

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif